Perbedaan ISO 9001 : 2008 dan ISO
9001: 2015
Nama : Risma Ayu Indah FenyNim : 223414011
Kelas : D3 MLM 2014
ISO 9001: 2008 menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen mutu di mana organisasi
perlu menunjukkan kemampuannya untuk secara konsisten menyediakan produk yang memenuhi pelanggan dan hukum yang berlaku dan persyaratan peraturan, dan
bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan melalui penerapan efektif dari sistem, termasuk proses untuk perbaikan berkesinambungan dari sistem dan jaminan dari kesesuaian dengan pelanggan dan persyaratan hukum dan peraturan yang berlaku.
Semua persyaratan ISO 9001: 2008 adalah generik dan dimaksudkan untuk dapat diterapkan pada semua organisasi, terlepas dari jenis, ukuran dan produk yang disediakan.
Dimana persyaratan (s) ISO 9001: 2008 tidak dapat diterapkan karena sifat dari organisasi dan produknya, ini dapat dipertimbangkan untuk pengecualian. ISO 9001: 2008 adalah tidak dapat diterima kecuali pengecualian ini terbatas pada persyaratan dalam Pasal 7, dan pengecualian tersebut tidak mempengaruhi kemampuan organisasi, atau tanggung jawab, untuk menyediakan produk yang memenuhi persyaratan pelanggan dan berlaku hukum dan persyaratan peraturan.
ISO 9001: 2015 menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen kualitas ketika sebuah organisasi:
a) perlu menunjukkan kemampuannya untuk secara konsisten menyediakan produk dan layanan yang memenuhi pelanggan dan hukum yang berlaku dan persyaratan peraturan, dan
b) bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan melalui penerapan yang efektif dari sistem, termasuk proses untuk perbaikan sistem dan jaminan kesesuaian dengan pelanggan dan persyaratan hukum dan peraturan yang berlaku.
Semua persyaratan ISO 9001: 2015 yang generik dan dimaksudkan untuk dapat diterapkan pada setiap organisasi, terlepas dari jenis atau ukuran, atau produk dan layanan yang menyediakan.
PERBEDAAN ISO 9001 REVISI 2015 DENGAN ISO 9001:2008
ISO 9001:2008
|
ISO Revisi 2015 CD
|
Komentar
|
4.1 Persyaratan Umum
|
4.1 Memahami organisasi dalam konteksnya
| |
4.2 Memahami kebutuhan dan harapan pihak yang berkepentingan
| ||
4.3 Pendekatan proses
| ||
4.2.3 Pengendalian dokumen
|
7.5 Pengendalian dokumen
|
Catatan dan dokumen diidentifikasi sebagai "informasi yang didokumentasikan"
|
4.2.4 Pengendalian rekaman
| ||
5. Tanggung Jawab Manajemen
|
5. Kepemimpinan
| |
5.4 Perencanaan
|
6 Perencanaan
| |
5.5.2 Management Representative
|
Dieliminasi
| |
5.6 Tinjauan Manajemen
|
9.3 Tinjauan Manajemen
| |
6. Manajemen Sumber Daya
|
Dukungan 7.
| |
6.1 Penyediaan Sumber Daya
|
7.1 Sumber Daya
| |
6.2 Sumber Daya Manusia
|
7.2 Kompetensi
| |
7. Realisasi Produk
|
8. Operasi
| |
7.5.3 Identifikasi & Lacak
|
8.6.2 Identifikasi & Lacak
| |
7.5.5 Preservasi Produk
|
8.6.4 Pelestarian Barang & Jasa
| |
8. Pengukuran, Analisa & Perbaikan
|
9. Evaluasi Kinerja
| |
8.2.2 Internal Audit
|
9.2 Internal Audit
| |
8.5 Perbaikan
|
Peningkatan 10.
| |
8.5.1 Perbaikan secara terus menerus
|
10.2 Peningkatan
| |
8.5.2 Corrective Action
|
10.1 Ketidaksesuaian & Corrective Action
| |
8.5.3 Tindakan Pencegahan
|
Dieliminas
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar